Breaking News

Friday 25 January 2013

Kram Perut Saat Menstruasi


Setiap menjelang menstruasi tiba, perut selalu saja sakit melilit. Sampai-sampai membuat hari-hari awal haid sangat menyiksa. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Beberapa penyebab kram perut saat haid:
  • Tingginya kadar prostaglandin. Ini adalah zat yang biasa ditemukan dalam lapisan rahim. Biasanya, zat ini merangsang kontraksi di kala siklus datang bulan tiba. Ketegangan yang terjadi di daerah rahim inilah yang membuat perut menjadi kram. Prostaglandin juga bisa menyebabkan tekanan darah turun sehingga tubuh terasa lemas dan sakit kepala.
  • Aliran darah menstruasi yang tidak lancar. Ketika menstruasi, gumpalan darah dalam jumlah besar yang harus melalui rongga sempit di leher rahim. Hal tersebut membuat terjadinya peregangan di daerah tersebut. Nah, proses tersebut menimbulkan rasa nyeri terhadap bagian perut kita.
  • Timbulnya penyakit tertentu. Pada kasus lain, kram saat datang bulan terjadi karena penyakit yang menyerang sistem pencernaan ataupun bagian rahim. Jika kita mulai merasakan nyeri haid setelah usia 25 tahun atau pendarahan yang tidak berhenti dan berbau, langsung konsultasi deh, ke dokter.
Cara Mengatasinya:
  1. Siapkan bantal pemanas atau botol yang diisi air panas untuk diletakkan di bagian bawah perut.
  2. Berbaring miring dengan lutut menekuk.
  3. Pijatlah perut bagian bawah dengan melingkar yang ringan.
  4. Berolahraga teratur juga dapat mengurangi nyeri haid di perut.
  5. Pilihlah makanan yang mengandung biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran rendah garam. Ayu – Foto: Dok. FeminaGroup

No comments:

Post a Comment

Designed By VungTauZ.Com