Breaking News

Sunday 8 March 2015

Khasiat Virgin Coconut Oil di Dunia Kecantikan

Minyak kelapa atau sering disebut sebagai vco terkadang dijadikan pilihan untuk memasak karena kandungan lemak baiknya. Tapi tahukah sobat bahwa minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan kecantikan tubuh, lho. Dilansir dari lifehack.org, lemak minyak kelapa mengandung medium chain triglycerides yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan asam laurat. 50 persen kandungan lemak di minyak kelapa hampir semuanya adalah asam laurat yang sering juga disebut sebagai senyawa ajaib.
Tubuh kita akan mengubah asam laurat ini menjadi monolaurin, yang terbukti dalam penelitian yang dipublikasikan oleh National Institute of Health memiliki kandungan anti mikroba , anti virus, dan anti protozoa. Minyak kelapa juga punya segudang manfaat untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan laju metabolisme, menjaga massa tubuh, mengontrol diabetes tipe 2, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
Di dunia kecantikan, minyak kelapa juga punya banyak manfaat. Berikut ini empat kegunaan minyak kelapa untuk kecantikan.
1. Untuk Merawat Kulit Kepala dan Rambut
Bagi sobat yang memiliki rambut yang kering dan  bercabang direkomendasi untuk menggunakan minyak kelapa ini. Maka nutrisi rambut sobat bisa terpenuhi dan masalah rambut bercabang bisa diatasi. Sobat hanya perlu menggosokkan minyak kelapa ke kulit kepala Anda secara merata, tidak sekadar dioleskan saja. Gunakan secukupnya, jangan sampai rambut jadi terlalu berminyak karena penggunaan minyak kelapa yang berlebihan.

2. Untuk Pelembab
Minyak kelapa ini sangat baik untuk kulit dan bisa mengatasi kulit kasar serta bibir pecah-pecah. Cukup oleskan minyak kelapa ke bagian kulit sobat yang kering. Daerah tumit, siku, dan tangan yang sering kering juga bisa diolesi minyak kelapa agar kelembabannya tetap terjaga.

3. Sebagai Eye Makeup Remover
Minyak kelapa juga bisa menghapus makeup pada mata sobat . Teteskan minyak kelapa di atas kapas, lalu sapukan ke daerah mata sobat dengan lembut. Setelah itu bilas dengan air bersih. Minyak kelapa ini selain bisa menghapus sisa makeup juga dapat menutrisi kulit. Jika sobat punya masalah dengan kulit mata yang sensitif, minyak kelapa bisa jadi solusinya.

4. Sebagai Deodorant
Ingin mencari alternatif lain selain deodorant yang biasa dijual di pasaran? Anda bisa menggunakan minyak kelapa. Meskipun tak bisa mengurangi keringat tubuh, tapi akan membuat kulit Anda lebih asam sehingga mencegah munculnya bakteri. Untuk membuat deodorant ini,sobat perlu mencampurkan ¼ cangkir minyak kelapa cair dengan 1/8 cangkir tepung jagung, 1/8 cangkir bubuk sagu betawi (arrowroot), dan 1 sdt baking soda. Campurkan dalam toples kecil, dinginkan dalam kulkas selama 15 menit. Baru simpan di suhu ruangan dan siap untuk digunakan sebagai deodorant dengan mengoleskannya langsung ke ketiak.

Minyak kelapa ternyata memang banyak manfaatnya ya, sobat blogger. Selain bisa dikonsumsi, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk keperluan kecantikan tubuh. Yuk direalisasikan ;)

No comments:

Post a Comment

Designed By VungTauZ.Com