Breaking News

Wednesday 4 March 2015

4 Kebiasaan Jelek Saat Memakai Gadget


Hai sobat blogger, zaman sekarang siapa sih yang tak kenal akan gadget. Seiring dengan berkembangnya ilmu dan teknologi, gadget sekarang seakan menjadi kebutuhan sehari-hari terutama bagi pelajar, mahasiswa atau pun pekerja, bahkan anak dibawah usia dini pun telah mengenal dan akrab dengan benda satu ini. Tapi coba diingat-ingat, seperti apa sih kebiasaan kita saat menggunakan gadget seperti tablet ataupun smartphone?. Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dalam jangka panjang dapat membahayakan kesehatan tubuh lho sobat. Yok kita ulas apa saja kebiasaan buruk yang telah kita lakukan saat menggunakan gadget agar kita bisa mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Check This Out!

Maximal Brightness
Kita seringkali menginginkan layar smartphone atau tablet terlihat jelas saat digunakan. Sayangnya, terkadang kita tidak sadar dengan pengaturan cahaya di smartphone tersebut sehingga menjadi terlalu terang. Menatap gadget berlama-lama dengan kondisi seperti ini bisa cepat merusak mata, lho! Karena radiasi dan cahaya yang terlalu terang dapat mengganggu kesehatan mata. Sebaiknya, aturlah brightness gadget sehingga pencahayaannya sama dengan lingkungan di sekitar kita.

Tidur di Sebelah Smartphone

Saking menempelnya sama gadget, kita bahkan sering menggunakannya sebelum tidur dan meletakkan gadget di sebelah kita begitu saja. Niatnya sih, supaya ketika bangun tidur nggak ribet mencari smartphone lagi. Padahal, kebiasaan ini bisa mengurangi kualitas tidur kita sehingga kemungkinan berakibat ketika keesokkan harinya tubuh malah tidak menjadi fit. Radiasi smartphone yang berada di dekat kita bisa mengganggu kondisi tubuh, nih. Kalau dilakukan terus menerus, radiasi ini akan berpengaruh lebih besar dan berefek jangka panjang pada kesehatan kita.

Memakai Headset Berjam-jam
Saat lagi bete, tidak ingin diganggu atau ingin mengisi waktu luang, kita sering mendengarkan musik melalui headset ataupun headphone. Dan ini bisa dilakukan selama berjam-jam setiap harinya. Padahal, kebiasaan ini bisa mengurangi intensitas pendengaran kita sedikit demi sedikit. Apalagi kalau kita punya kebiasaan mendengarkan musik dengan volume maksimal. Selain itu, headset yang dipakai setiap hari juga lebih rentan terhadap bakteri. Apalagi kalau kita sembarangan saat meletakkannya. Tidak hanya pendengaran, kesehatan telinga juga bisa berkurang karena headset dan headphone yang kotor ini.

Jarang Membersihkan Gadget

Idealnya, gadget yang digunakan harus dibersihkan secara rutin. Tapi ngaku deh, seberapa sering kita membersihkan gadget kesayangan? Nah, bakteri dan kuman yang jarang dibersihkan pun menumpuk dan mendekam di gadget selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan berminggu-minggu! Padahal tangan kita sering sekali memegang gadget kemudian memegang makanan atau barang lainnya. So, jangan lupa sering membersihkan gadget ya. Bersihkanlah gadget sobat dengan lap kering yang halus supaya tidak menggores layar.

No comments:

Post a Comment

Designed By VungTauZ.Com