Breaking News

Saturday 28 February 2015

Tips Agar Tetap Sehat Saat Begadang


Hai sobat blogger tidak setiap saat kita bisa tidur tepat waktu atau sesuai dengan jadwal kita biasanya tidur tapi terkadang  kita harus begadang sampai lewat tengah malam karena tanggung jawab tertentu, contohnya kita diharuskan untuk mengerjakan  tugas yang deadline-nya mendesak dan harus segera diselesaikan. Mau tidak mau, kita harus begadang dan merelakan waktu tidur cantik kita :'). Begadang boleh tetapi jangan sampai mempengaruhi kesehatan kita secara drastis. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan supaya badan cukup segar dan sehat keesokan harinya.

Batasi Kafein
Salah satu cara supaya kuat begadang adalah mengonsumsi kafein. Tapi, untuk beberapa orang, efek kafein dalam teh atau kopi tidak bisa dirasakan seketika setelah meminumnya. Bisa jadi, tubuh baru bereaksi terhadap kafein setelah 30 menit atau satu jam. Makanya, kalau merasa kantuk belum hilang juga, cobalah untuk menahan beberapa saat sebelum membuat secangkir kopi baru. Lagipula, terlalu banyak kafein bisa menumpuk gas dalam perut dan bikin asam lambung naik.

Jangan Lupa Makan Malam
Berikan asupan nutrisi yang cukup kepada tubuh sebelum begadang semalaman. Makanlah makanan yang bergizi lengkap supaya nggak cepat lapar kembali. Kalau perlu, siapkan camilan sehat seperti biskuit, roti gandum atau buah-buahan. Ini supaya kita nggak langsung menyerbu makanan berat saat mulai sedikit lapar.

Say No Instant Noodle!
Mie instan memang sering jadi sobat begadang bagi beberapa orang. Selain praktis, mie instan bisa disajikan hangat dan bikin tubuh terasa lebih enak. Padahal, kandungan MSG dan bahan-bahan lainnya tidak bagus buat tubuh dan lambung, Selain proses pencernaannya yang berlangsung berhari-hari di lambung, mie instan juga tidak punya nutrisi yang cukup untuk tetap bikin kita tetap segar keesokan harinya.

Minum Air Putih
Kebutuhan air putih kita pun meningkat karena masih digunakan untuk beraktivitas saat tubuh harusnya beristirahat. Oleh karena itu, minumlah air putih secukupnya di tengah proses begadang. Ini juga untuk menghindari dehidrasi akibat terserapnya cairan tubuh oleh kafein.

Mulai Mengantuk? Tidur saja!
Kalau sudah mulai mengantuk, biarkan tubuh kita beristirahat sejenak selama 1-2 jam. Pasanglah alarm atau reminder kalau kita berniat melanjutkan kembali apa yang sedang kita kerjakan. Lakukan stretching ringan supaya otot tubuh nggak kaku. Jika kita bukan orang yang kuat begadang, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tetap terjaga. Carilah tempat yang nyaman untuk tidur malam supaya nggak menghancurkan mood esok hari karena kekurangan tidur. 

No comments:

Post a Comment

Designed By VungTauZ.Com